Yum adalah salah satu program paket manajemen dalam linux. Salah satu distro yang menggunakan program Yum ini adalah Centos.

Pada saat awal-awal instalasi distro ini memang belum banyak support program-program khusus yang biasa kita gunakan, seperti program media beserta library penyertanya, sehingga mau tidak mau kita harus menginstalnya dengan cara manual.

Beruntung bagi mereka yang memiliki cd/dvd repositorinya, Ia tinggal tambahkan pada yum repo file agar program ini mencari paket-paket instalasinya ke cd/dvd sumber. Bagaimana dengan yang tidak memilikinya? Ya mau tidak mau harus download paket-pake tersebut ke melalui jalur internet.

Secara default yum mensetting paket hasil download dalam folder dan jika sudah menginstalnya kedalam sistem maka secara otomatis paket-paket tersebut akan dihapus.

Nah, agar kita tidak bolak-balik download jika kita melakukan instal ulang sistem, maka sebaiknya kita matikan setingan default yum itu dan kita backup paket-paket tersebut kedalam partisi atau media lain. Paket instalasi yang kita backup ini nantinya bisa digunakan kembali menjadi repositori local.

Berikut adalah cara untuk mematikan setingan tersebut :

# Vim /etc/yum.conf
Selanjutnya, ganti nilai pada parameter "keepcache" menjadi bernilai "1" (tanpa tanda petik), sehingga hasilnya seperti :
keepcache=1

Jika sudah dirubah, maka silahkan instal semua program yang anda butuhkan, dengan repositori mengarah ke internet dan jangan lupa membackup semua paket-paket yang sudah terdownload ke media lain. Adapun letak paket yang didownload tersebut adalah pada folder /var/cache/yum/source_repo/package.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Popular Post

Dunia IT

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © Ilmu Komputer -- Powered by Blogger