Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi - Kali ini admin akan share informasi ringan yang sebenarnya pernah admin alami sendiri yakni cara mengaktifkan kembali touchpad yang tidak berfungsi. Berdasarkan pengalaman, sebenarnya mouse laptop klik kanan dan klik kiri masih bisa berfungsi, drag (geser) pada touchpad juga masih bisa dikerjakan, hanya saja tidak bisa mengklik pada papan ketuk (touch pad Mouse Laptop) saja yang tidak bisa dikerjakan.

Ada 2 Cara mengatasi Touchpad Laptop yang tidak berfungsi, study kasus tutorial ini pernah saya coba windows 7, saya rasa masih sama dengan settingan di windows 8 meski belum pernah dicoba. 

Cara pertama :
Sebernarnya hanya terjadi kesalahan kecil yaitu belum tercentangnya "Tap to Click". Kalau belum paham bisa dilihat pada gambar ini gan.

memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi
Gambar icon settingan touchpad berbeda di setiap merk laptop tertentu. seperti contoh gambar di bawah :
Memperbaiki Touchpad Laptop
Cara Kedua :
  • jika settingan touchpad sudah benar (aktif/on) di software touchpad bawaan dan touchpad masih belum bisa bekerja normal kembali, maka troubleshooting dilakukan ke tingkat kedua yaitu : hapus driver mouse/touchpad dari Device Manager dengan melakukan tahap2 sebagai berikut : masuk ke control panel –> system –> device manager. kemudian cari bagian mice and other pointing device –> klik simbol di sampingnya kemudian hapus driver yang bernama Synaptics PS/2 Port Touchpad dengan cara arahkan pointer mouse di driver tsb –> klik kanan –> pilih delete.
  • setelah melakukan delete driver, restart kembali laptop sobat agar driver touchpad tersebut bisa refresh kembali dengan cara automatit install waktu OS windowsnya up kembali.
Nah, semoga dengan 2 solusi diatas sobat sudah bisa memperbaiki settingan touchpad laptop yang tidak mau klik alias bermasalah, kalau masih bermasalah juga saya rekomendasikan untuk install kembali driver touchpadnya. Beberapa kesalahan lagi bisa saja terjadi pada perangkat keras.

Sekian semoga bermanfaat :D

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. Terimakasih penjelasannya sangat bermanfaat,
    tapi terlalu singkat ,sedikit saya sarankan perbanyakkan lagi penjelasannya.

    jangan lupa kunjungi
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus

Popular Post

Dunia IT

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © Ilmu Komputer -- Powered by Blogger