Sudah hampir 30 tahun Microsoft hadir di antara ramainya sistem operasi saat ini. Tahun 1983, Bill Gates membuat sistem operasi Microsoft pertama, yaitu Windows 1.0, yang kemudian diluncurkan pada tahun 1985. Windows 1.0 menjadi sistem operasi Windows pertama keluaran Microsoft.




http://histinf.blogs.upv.es/files/2011/01/windows1.0.png



Senin, 11 November 2013, situs Which menuliskan serangkaian sistem operasi keluaran Microsoft, mulai dari yang pertama sampai saat ini. Berikut ini perinciannya.

1. Windows 1.0
Sistem operasi pertama ini meluncur pada 10 November 1985. Nama Windows diberikan oleh Bill Gates berdasarkan bentuk grafik yang seperti panel pada display program dan folder di dalamnya.

2. Windows 2.0Pada tahun 1987, Microsoft meluncurkan versi keduanya, yaitu Windows 2.0. Pada sistem operasi ini, dihadirkan fitur keyboard shortcut. Windows 2.0 merupakan sistem operasi pertama yang memiliki fitur Control Panel pada tampilannya.

3. Windows 3.0Sistem operasi ini adalah yang pertama menyediakan grafis lanjutan dengan 16 warna dan 7MB ruang hard disk. Windows 3.0 meluncur pada tahun 1990.

4. Windows 95Fitur Dekstop, Taksbar, dan tombol Start dirilis untuk Windows 95 ini. Sistem operasi tahun 1995 ini adalah pertama yang bisa menyediakan versi Internet dari Microsoft.

5. Windows 98Ini merupakan versi pertama yang berfokus pada dukungan bagi konsumen untuk membaca disk DVD dan perangkat USB. Windows 98 juga yang pertama menampilkan toolbar Quick Launch.

6. Windows 2000 ProfessionalSistem operasi ini dirancang untuk pelaku bisnis. Lalu, Microsoft kembali mengembangkannya menjadi dasar untuk semua versi Windows selanjutnya.

7.Windows MEPada tahun 2000, Windows ME (Millennium Edition) adalah versi terakhir dari seri 9x. Namun, karena banyak kritik dari penggunanya, Microsoft segera meluncurkan Windows XP sebagai gantinya.

8. Windows XPTerdapat desain ulang Windows yang lebih halus, cepat, dan stabil. Tahun 2001, Windows XP disediakan dalam dua jenis, yaitu edisi Home dan Professional. Sistem operasi ini mampu menampikan 45 juta baris kode komputer.

9. Windows VistaMeski dikembangkan dalam waktu yang cukup lama, Vista mendapat sambutan yang hangat dari penggunanya pada tahun 2007. Dengan fitur User Account Control, Vista merupakan sistem operasi yang paling aman sejauh ini.

10. Windows 7Microsoft melakukan sejumlah perbaikan dari Vista pada sistem operasi ini. Windows 7 merupakan versi Windows yang paling populer saat ini. Penjualannya sudah mencapai 525 juta kopi di seluruh dunia. Sistem operasi ini diluncurkan pada tahun 2007.

11. Windows 8Dirancang untuk tablet dan PC, Windows 8 merupakan sistem operasi yang mungkin akan terus diperbaiki perusahaan. Windows 8 memiliki daftar fitur baru, tapi hilangnya tombol Start membuat konsumen mengeluhkan hal tersebut. Dan, untuk memperbaikinya, Microsoft kembali meng-update dengan meluncurkan versi 8.1.

 
9. Windows 8.1 bisa dibilang sebagai Service Pack (SP) 1 nya dari Windows 8, artinya ada beberapa sisi penyempurnaan fitur dari Windows 8. 
 
Berikut ini adalah kelebihan dan fitur lengkap dari Windows 8.1


1. Penambahan Logo Start Menu di Taskbar dan Logo akses di Start Screen untuk mengakses aplikasi/software yang diinstal di komputer/laptop



Tadinya sebelum Instal Windows 8.1 RTM, saya berpikir tombol Start Menu (Logo Putih Windows) nya kayak yang di Windows 7, tapi ternyata bukan..
Tombol Start tersebut untuk mengakses Start Screen, dibawahnya ada tombol panah, tombol panah itu untuk mencari software yg diinstal dikomputer/laptop kalian.
Kalian bisa mencari software yang terinstal dengan menyortitnya berdasarkan nama, paling sering digunakan
atau
Cara cepat kalau aplikasi/software di laptop/komputer kalian banyak:
1. Klik tombol panah
2. Arahkan kursor ke kotak pencarian
ketikan kata awal aplikasi yg ingin kalian buka.


Mungkin yang ngeluh-nngeluh belum terbiasa dan masih keukeuh pingin start menu kayak yang ada Windows 7, lama-lama juga bakalan terbiasa kok dengan fitur Start Menu yang lebih modern.






2. Start Screen

  • Penambahan resize ukuran aplikasi di start screen
  • Penambahan fitur ramalan cuaca
  • Penambahan fitur Alarm 
  • Bisa menjadikan Desktop Wallpapper/gambar favorit kalian untuk dijadikan background di Start Screen
  • Tampilan Windows Store yang lebih baik
  • Ada 2 animasi background di Start Screen Windows 8 
  • dan banyak lagi lainnya.

3. SkyDrive
Skydrive adalah sebuah media penyimpanan data, online dari Microsoft, pada Windows 8.1 sudah disematkan agar ketika kalian terhubung ke internet, kalian bisa nyimpen data secara online.

4. This PC

Jika versi Windows terdahulunya diisi dengan tulisan "My Computer", maka kali ini di Windows 8.1 menjadi "This PC"
Fitur Search

Ukuran fitur search terintegrasi ke initernet, dan ukurannya tidak menutupi seluruh layar seperti yang terjadi di Windows 8


Fitur Skype
Skype sudah terinstal di Windows 8.1
Dual Screen
Fitur ini memungkinkan kalian membuka 2 buah tampilan dalam satu layar, atau bisa lebih tergantung resolusi layar dan kemapuan VGA sebagai contohnya sisi layar kanan membuka Microsoft Word sedangkan layar kanan Membuka Browser Firefox. Jadi kalian gak usah repot-repot ngelakuin minimize.
Windows Experience Index
Fitur ini dihilangkan di Windows 8.1

Help + Tips

Windows 8 banyak dikritik karena perubahan UI nya yang drastis sehingga membingungkan pengguna Windows. Mungkin itulah alasan ditambahkannya aplikasi Help + Tips di Windows 8.1. Aplikasi ini berisi tutorial dasar tentang cara penggunaan Windows 8.1

Fitur Maintenance In Progress 

Fitur ini berguna untuk mengcek sistem Windows 8.1 jika ada masalah




Yahoo Mail Windows 8.1
Bisa ganti background/latar belakang email




Silahkan pasang foto facebook profil kalian yang paling kece, soalnya foto kalian akan muncul bagi orang yang menggunakan sistem operasi Windows 8/ Windows 8.1 di Start Screen

Fitur lainnya di Windows 8.1 silahkan di explore sendiri, biar tau bedanya sama Windows 8


Windows Update yang terinstall saat artikel ini di post sekitar 50 update




Berikut ini adalah fitur lengkap, perbedaan dan juga kelebihan dari Windows 8.1, Windows 8.1 Pro dan Windows 8.1 Enterprise


Kekurangan Windows 8.1

  • Agak ribet pas saya aktifasi genuine, butuh 2 cangkir kopi bwt aktifasi genuine (You know what I mean :p  )
  • Kalau laptop/pc Windows 8.1 kalian sering Not Responding, artinya spesifikasi hardware (processor + RAM) harus lebih dari yang sudah ada/ tertanam di PC/laptop milik kalian.
  • Kalau ada hardware yang diganti, kalian harus aktifasi ulang, maka dari itu kalain harus langsung backup aktifasi genuine nya.



Pengalaman Saya Menggunakan Windows 8.1


  • Windows 8.1 lebih smooth, futuristik, dan nyaman saat digunakan
  • Gak ngebosenin, terutama yg sering pakai laptop.komputer berjam-jam kaya saya, karena berbagai animasinya yg kece. Kalao geser  kursor ke layar atas, bawah, kiri, kanan semuanya memiliki fungsi
  •   Sistem kemanan yang lebih bai
  • Semua software, driver dan game bisa dijalankan di Windows 8.1 asalkan kalian jangan lupa update terbaru .NET Framework, driver dan juga hal lainnya yang diperlukan
  • Ada beberapa software dan game yg memerlukan klik kanan "Run as Administrator" demi keamanan dan juga menghindari sistem komputer terkena virus. 
  • Buat yang sering pakai softwrae/game pak tani, disable Windows Smart Screen/UAC, Windows Defender biar bisa software/game bisa ngejalanin patch/ cr##ck.
  • Biasanya orang yang sering bilang Windows 7 lebih bagus dibanding Windows 8.1 kurang ngerti sistem operasi :P
  • Semua modem kompatible di Windows 8.1
  • Silahkan di explore sendiri biar gak kelihatan GapTek kalo ada temen kamu yang udah pake Windows 8.1, terus kamu pake/pinjem komputer atau laptopnya :D
  • Saya rasa suatu saat nanti, ini OS Windows 8 bakalan di kombinasiin /maksimalin sama Windows Phone biar saling terintegrasi (cuma ngira-ngira sih)
  • Buat yang belum bisa Move On dari Windows XP /Windows 7, jangan salahin kalau nanti kalian keliatan GapTek ketika harus menggunakan WIndows 8 punya temen, di tempat umum atau tempat lainnya yaaa.. ^_^. Windows XP bentar lagi pensiun, WIndows 7 pensiun di 2015 atau tergantung keputusan Microsoft., Dampak dari Windows yang pensiuan itu yaa softwware/hardware baru bakalan gak bisa dijalanin. kalo masih gak mau move on ke Windows 8,coba pakai Linux
  • Kalau ada yg bilang Win 8 kayak Windows Vista/produk gagal, mereka itu gak tau detail sistem operasi
  •  
  • hal lainnya nanti saya update kalau lagi ada waktu...


ENJOY EVERYTHING AT ONCE ^_^


Windows 8.1 Ships With Skype Pre Installed

Video Review Windows 8.1 






maaf kalo tulisannya masih acak-acakan dan gak ada gambarnya..
silahkan bookmark/LIKR aja dulu blog saya ini..
nanti saya bakalan terus update penjelasan lebih lengkap tentang Windows 8.1 
kalo sayanya ada waktu buat nge blog ^-^
 
 
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Dunia IT

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © Ilmu Komputer -- Powered by Blogger